Apel Gabungan Yang Dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati

Senin, 10-01-2022


Inspektorat daerah merupakan perangkat yang membantu bupati dalam pembinaan dan pengawasan, sebagai unsur pengawas penyelenggaraan pemerintah daerah diharapkan mempunyai independensi dan kapabilitas yang profesional.

Hal itu dikatakan Bupati Labuhanbatu Selatan, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Heri Wahyudi M.S.STP.M.AP pada apel gabungan yang dilaksanakan di Lapangan kantor Bupati, Desa Sosopan, Kecamatan Kotapinang, Senin (10/1/2022).

Dikatakan, Penguatan pengawas internal pemerintah (APIP) diperlukan untuk efektivitas upaya mencegah dan meminimalisir korupsi, memperkuat sistem pengendalian intren pemerintah (SPIP).

"Dalam teknis pengawasan, Apip menjadi mitra sejajar aparat penegak hukum, harus mampu berkoordinasi mencegah terjadinya pungli, berfungsi sebagai sistem peringatan dini serta menjadi pengawal keuangan daerah dan keuangan desa," papar Sekda.

Disebutkan, Tentang kebijakan pengawasan penyelenggaraan daerah, peningkatan kapabilitas, kegiatan pendampingan, monitoring dan evaluasi, pemeriksaan, pengawalan penyerapan APBD termasuk dan Covid- 19.

"Dan hal lain yang harus kita perhatikan pada awal tahun antara lain pengisian LHKPN tahun 2021 bagi penyelenggara negara, mempersiapkan segala segala sesuatu berkaitan dengan pemeriksaan laporan keuangan daerah," tandas Sekda.

Sekda berharap kepada seluruh ASN lingkup Kab. Labuhanbatu Selatan, kesungguhan menjalankan fungsi organisasi, menjalankan roda pemerintahan, memberikan layanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Labuhanbatu Selatan.